Rabu, 31 Maret 2010

Mengenal lebih dekat dengan Mikrotik Router

Apa itu Mikrotik ?..

MikroTik RouterOS™, merupakan system operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai
network router. Didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows application (WinBox). Selain itu instalasi dapat dilakukan pada Standard computer PC. PC yang akan dijadikan router mikrotikpun tidak memerlukan resource yang cukup besar untuk penggunaan standard, misalnya hanya sebagai gateway. Untuk keperluan beban yang besar ( network yang kompleks, routing yang rumit dll) disarankan untuk mempertimbangkan pemilihan resource PC yang memadai. Fasilitas pada mikrotik antara lain sebagai berikut :
- Protokoll routing RIP, OSPF, BGP.
- Statefull firewall
- Hotspot for Plug-and-Play access
- remote winbox GUI admin

Lebih lengkap bisa dilihat di www.mikrotik.com. Meskipun demikian Mikrotik bukanlah free software, artinya kita harus membeli licensi terhadap segala fasiltas yang disediakan. Free trial hanya untuk 24 jam saja. Kita bisa membeli software mikrotik dalam bentuk CD yang diinstall pada Hard disk atau disk on module (DOM). Jika kita membeli DOM tidak perlu install tetapi tinggal menancapkan DOM pada slot IDE PC kita.

Install Mikrotik

persiapan untuk membuat mikrotik router gak perlu spek komputer yang wah wah..komputer biasa aja bisa kok..dengan modal
1. CPU pentium 3 udah keren banget
2. memori 128 dah mantap juga
3. HDD 10 GB dah cukup banget

oke langsung ke tahap install mikortiknya
#sekarang lakukan booting CD Mikrotik pada komputer anda yang mau dibikin router (perlu di inget mikrotik gak gratis lhoo stop bajakan yah)

#setelah berhasil booting pilihlah pake paket yang anda perlukan untuk mikrotik router anda
#jika anda sudah memilih paket yang akan di install tekan “i” untuk menginstall router anda nanti ada informasi sebagai konfirmasi yang menanyakan apakah sudah benar yang kita lakukan dan apakah anda siap untuk melakukan format HDD anda?.. jika anda bener bener yakin tekan “y” lalu enter setelah itu tunggulah beberapa saat karena mikrotik sedang melakukan format pada hdd anda.
#Jika sudah selesai install mikrotik akan memberikan informasi Mikrotik telah sukses di instal tekan enter untuk restart komputer sebelum restart ada baiknya jika anda keluarkan terlebih dahulu CD anda dan lakukan restart
#setelah booting ada user Login silahkan masukan
username :admin
password : kosongkan saja tekan enter langsung untuk default
naaah jika berhasil masuk selamat anda berhasil menginstal mikrotik router dan tinggal melakukan Konfigurasi router.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar