Rabu, 31 Maret 2010

Menjalankan Situs Web pada localhost.

Untuk tahap-tahap awal belajar membuat sebuah website, kita dapat berlatih membuat dan menjalankan situs web yang kita buat tanpa online atau tanpa harus memiliki domain name ataupun hosting sebelumnya . Caranya dengan menggunakan software web server Apache yang terpadu dengan system database MySQL dan PHP dalam satu bundle yang dijalankan dengan menggunakan mesin lokal (localhost) pada computer yang kita miliki. Salah satu software webserver yang umum dan mudah digunakan adalah XAMPP. Untuk memulai membuat simulasi dan menjalankan situs web anda pada localhost anda harus terlebih dahulu melakukan instalasi XAMPP pada computer anda.

Anda bisa mendapatkan XAMPP secara gratis di sini. Untuk computer dengan system operasi WINDOWS ada tiga pilihan cara dan paket instalasi yang tersedia untuk anda dalam meng-instalasi XAMPP.

Pertama : XAMPP Installer. Mudah dan Aman. Kami merekomendasikan cara ini bagi anda yang baru belajar.
Kedua : XAMPP ZIP archive. Untuk kemurnian.
Ketiga : XAMPP Self-extracting ZIP archive. Ekonomis.
Untuk selanjutnya kami memilih untuk mengemukakan tutorial instalasi XAMPP dengan cara yang pertama untuk kemudahan.

Tutorial Instalasi XAMPP
Setelah mendownload XAMPP, -versi terbaru yang tersedia saat ini adalah XAMPP versi 1.7.1 (Basic Package)- lalu jalankan file setup yang telah anda download tersebut dengan melakukan klik kiri dua kali. Dan selanjutnya anda akan melihat tampilan sebagai berikut.

Untuk menempatkan program XAMPP nantinya pada folder yang berbada dengan default, anda dapat memilih folder tujuan anda dengan meng-klik browse dan memilih folder sesuai dengan yang anda kehendaki. Selanjutnya klik Install.

Setelah seluruh proses instalasi selesai, anda bisa menemukan XAMPP melalui Start / Programs / XAMPP. Anda dapat menggunakan XAMPP Control Panel untuk memulai menjalankan atau menghentikan semua server, juga melakukan install ataupun un-install service yang ada. Kini anda telah memiliki sebuah server anda sendiri pada mesin lokal (localhost) computer anda dan siap menjalankan simulasi situs web yang akan anda bangun nantinya. Tanpa anda harus memiliki hosting ataupun nama domain untuk web anda sendiri. Tentu saja anda belum bisa menjalankan situs web anda untuk dapat di lihat oleh para netter lainnya di belahan bumi ini. Hanya sebatas pada computer anda sendiri. Bagaimana menjalankan situs web pada localhost yang dimaksud tadi? Mari kita lanjutkan dengan metode berikut ini.

Simulasi membangun website menggunakan CMS pada localhost.

Sebelumnya anda tentunya bertanya-tanya. Apa yang dimaksud dengan CMS? Baiklah. CMS adalah singkatan dari Content Management System. Lebih jelasnya, CMS adalah merupakan aplikasi-aplikasi instant yang dapat digunakan untuk membuat sebuah situs web dengan mudah dan cepat. Beberapa aplikasi CMS yang tersedia dan umum digunakan oleh para pengguna internet antara lain adalah Wordpress, Joomla, Drupal, MediaWiki, phpBB, Prestashop, Dokeos, Gallery, MTOS, SMF, LimeSurvey dan banyak lagi.

Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut di atas maka anda tidak lagi memerlukan jasa web designer untuk merancang situs web yang ingin anda miliki. Karena anda dengan mudah dapat memilih berbagai tampilan web anda dengan theme-theme yang tersedia sesuai dengan selera anda. Seperti Wordpress misalnya, berbagai macam theme yang tersedia memungkinkan anda untuk memiliki tampilan situs web yang sesuai dengan model bisnis yang anda miliki. Dari sekedar tampilan berupa Blog umumnya, hingga berupa tampilan sebagaimana situs web sejenis toko online, dan sebagainya.

Sedangkan phpBB dan SMF adalah CMS yang disediakan secara gratis untuk digunakan sebagai aplikasi web forum. PrestaShop dapat anda pilih untuk digunakan pada toko online anda. Berikut beberapa contoh tampilan CMS pada penggunaanya dalam situs web.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar