Minggu, 06 Juni 2010

Etika dan Profesinalisme Teknologi Sistem Informasi

Definisi Etika adalah ilmu tentang apa yg baik dan apa yg buruk yang berkaitan dengan hak dan kewajiban moral manusia
Definisi lain adalah nilai mengenai yang benar dan yang salah yang dianut oleh masyarakat.

Perbedaan profesi dan pekerjaan :
Profesi merupakan suatu perkerjaan yang mengandalkan keterampilan dan keahlian khusus yang tidak didapat dan didapat dari pekerjaan sebelumnya.

Professionalisme adalah orang yang menjalankan profesinya secara benar menurut nilai-nilai normal dan sesuai dengan yang diharapkan dari suatu bidang pekerjaan atau aktifitas yang dijalani oleh orang tersebut. Pribadi professional diperlukan aspek-aspek didalam mengimplementasikannya yaitu dengan komitmen, tanggung jawab, kejujuran, sistematik berpikir dan penguasaan materi.

Secara garis besar pengertian profesionalisme, professional dan profesi profesionalisme adalah suatu paham yang menggambarkan kegiatan-kegiatan kerja tertentu dalam masyarakat, berbekalkan keahlian yang tinggi dan berdasarkan rasa keterpanggilan untuk menerima panggilan tersebut untuk dapat dengan semangat pengabdian selalu siap memberikan pertolongan kepada sesame yang tengah dirundung kesulitan didalam hidupnya.

Moralitas adalah pandangan tentang nilai dan norma moral yang terdapat diantara sekelompok manusia.

Adapun nilai moral tersebut adalah kebaikan manusia sebagai manusia. Norma moral adalah tentang bagaimana manusia harus hidup supaya menjadi baik sebagai manusia.


MASALAH KEAMANAN DALAM SISTEM INFORMASI

Keamanan merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan dalam pengoperasian sistem informasi, yang dimaksudkan untuk mencegah ancaman terhadap sistem serta untuk mendeteksi dan membetulkan akibat kerusakan sistem.

Secara garis besar, ancaman terhadap sistem informasi dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu
ancaman ak tif dan ancaman pasif. Ancaman aktif mencakup kecurangan dan kejahatan terhadap komputer, sedangkan ancaman pasif mencakup kegagalan sistem, kesalahan manusia dan bencana alam. Kegagalan sistem menyatakan kegagalan dalam peralatan-peralatan komponen (misalnya hard disk).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar